Cara Tuntas Gadai BPKB Mobil Cepat dan Mudah

BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) merupakan salah satu dokumen berharga yang dapat digunakan sebagai jaminan peminjaman uang. Buku ini diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri sebagai dokumen bukti atas kepemilikin kendaraan. Oleh sebab itu, BPKB memiliki nilai jual yang tinggi dan seringkali digunakan sebagai jaminan. Banyak orang menggadaikan BPKB untuk meminjam sejumlah uang yang dibutuhkan. Anda juga bisa menggadai BPKB kendaraan Anda sebagai jaminan untuk meminjam uang di salah satu lembaga keuangan, mulai dari Bank hingga pegadaian. Setiap lembaga keuangan memiliki kelebihan dan kelemahan dalam persyaratan penggadaian BPKB. Pegadaian menjadi salah satu pilihan paling mudah untuk menggadai BPKB mobil demi mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup maupun modal usaha. Jika Anda tertarik untuk gadai BPKB mobil cepat dan mudah, perhatikan prinsip-prinsip dalam menggadaikan BPKB kendaraan Anda. Simak ulasannya di bawah ini.

Prinsip Gadai BPKB Mobil. Sebelum memutuskan untuk menggadaikan kendaraan Anda, pastikan Anda mengerti tentang prinsip-prinsip dalam menggadaikan BPKB agar Anda tidak salah mengambil keputusan terkait pegadaian. Prinsip-prinsip tersebut yaitu:

  • Penuhi. Sebelum Anda menyerahkan BPKB untuk digadaikan, penuhi terlebih dahulu syarat-syarat yang dibutuhkan. Syarat utama yang dibutuhkan dalam aktivitas gadai BPKB mobil cepat yaitu BPKB itu sendiri, dokumen identitas diri, serta dokumen lainnya sebagai jaminan untuk meminjam sejumlah uang. Dokumen identitas diri berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan Kartu Keluarga (KK). Sedangkan dokumen pendukung lainnya yang dibutuhkan misalnya: data keterangan tempat tinggal. Hal ini berfungsi untuk memantau pihak peminjam selama periode penggadaian berlangsung. Pastikan Anda menyerahkan dokumen data diri maupun dokumen pendukung yang sebenar-benarnya. Jangan sampai memalsukan identitas diri atau memberikan informasi tempat tinggal yang tidak benar.
  • Pahami. Setelah Anda memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, prinsip selanjutnya adalah memahamia. Pahami berapa banyak uang yang harus Anda pinjam, sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan peminjaman tersebut. Berikan keterangan yang jelas kepada pihak pegadaian, maksud dan tujuan Anda mengajukan pinjaman. Jangan lupa pertimbangkan dengan kemampuan Anda dalam mengembalikan. Jangan main-main dengan peminjaman yang Anda lakukan, karena peminjaman di lembaga keuangan seperti pegadaian memiliki kontrak yang mengikat kedua belah pihak. Jika Anda tidak ingin terkena kasus atau masalah, berikan data diri yang sesuai dengan kebenaran.
  • Pastikan. Prinsip yang terakhir adalah memastikan. Pastikan jumlah pinjaman yang Ada ajukan sesuai dengan kemampuan Anda untuk membayar cicilan setiap bulannya. Jangan mengajukan pinjaman yang terlalu besar jika Anda tidak sanggup melunasi. Sebisa mungkin, hindari pula terkena pinalti dengan membayar cicilan tepat waktu. Jika Anda dapat mengembalikan pinjaman sesuai perjanjian, maka Anda harus merelakan jaminan yang Anda ajukan yaitu BPKB mobil.

Syarat Mengajukan Pinjaman dengan Menggadai BPKB Mobil

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat ingin menjadikan mobil Anda sebagai jaminan. Berikut ini beberapa syarat gadai BPKB mobil cepat dan mudah.

  • Jika sebagai Karyawan. Jika Anda sebagai seorang karyawan perusahaan yang ingin menggadaikan mobil Anda, syaratnya yaitu: Fotocopy KTP. Fotocopy KK. Slip gaji. Fotocopy Rekening Koran untuk 3 bulan tabungan terakhir. Fotocopy STNK dan BPKB.
  • Jika Sebagai Wiraswasta. Jika Anda saat ini seorang wiraswasta yang membutuhkan biaya tambahan untuk modal usaha, Anda bisa meminjam di pegedaian dengan BPKP mobil sebagai jaminannya, caranya.Fotocopy KTP. Fotocopy KK. Slip gaji. Fotocopy Rekening Koran (3 bulan terakhir). Fotocopy NPWP. Fotocopy SIUP dan TDP. Fotocopy STNK dan BPKB.
  • Peminjaman untuk Perusahaan. Jika Anda memiliki sebuah perusahaan dan sedang membutuhkan tambahan modal untuk pengembangan perusahaan, Anda bisa mengajukan pinjaman di pegadaian dengan jaminan BPKP mobil perusahaan. Syaratnya yaitu: Fotocopy KTP, Fotocopy KK, Fotocopy Rekening Koran (3 bulan terakhir), Fotocopy SIUP dan TDP, Fotocopy Akte Pendirian Usaha dan Perubahan, Fotocopy STNK dan BPKP kendaraan perusahaan.

Itulah persyaratan yang perlu Anda siapkan untuk mengajukan peminjaman uang di pegadaian dengan jaminan BPKB mobi. Mudah bukan?

Mengapa Harus Pegadaian?

Ada beberapa alasan mengapa pegadaian dijadikan tempat gadai BPKB mobil cepat dan mudah untuk mendapatkan pinjaman uang sesuai kebutuhan. Berikut ini beberapa alasannya!

  • Proses Cepat. Ini menjadi alasan pertama mengapa banyak orang memillih pegadaian untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil. Proses pengajuan hingga pencairan dana di penggadaian tercepat hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit saja. Sedangkan selambat-lambatnya membutuhkan waktu selama 3 hari kerja. Dengan waktu yang relatif singkat ini, tentu menguntungkan bagi para peminjam yang sedang membutuhkan dana darurat.
  • Syarat yang Mudah. Dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan penggadaian BPKB mobil tergolong sangat mudah dan simpel. Syarat utama hanya fotocopy KTP dan KK, dan syarat tambahan lainnya seperti yang sudah diulas di atas.
  • Masa Tenor Dapat Diperpanjang. Pegadaian memberikan tawaran pinjaman yang tergolong tinggi, mulai dari 50 ribu hingga 500 juta rupiah. Selain jumlah pinjaman yang tinggi, tenor peminjaman juga dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika cicilan per bulan terasa cukup memberatkan Anda, Anda bisa menambah masa perpanjangan cicilan peminjaman hingga Anda dapat melunasinya.

Apa Saja Jenis Produk Gadai BPKB di Pegadaian?

Anda beberapa produk gadai BPKB dipegadaian yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Gadai Kredit Cepat Aman (KCA). Produk pertama adalah KCA, yang merupakan produk pegadaian BPKB dengan sistem gadai konvensional. Pinjaman yang ditawarkan dimulai dari 50 ribu sampai 500 juta rupiah. Besarnya penawaran tergantung nilai kendaraan yang Anda miliki. KCA menawarkan masa tenor pinjaman pertama hingga 4 bulan.Namun, jika Anda merasa tidak sanggup melunasi cicilan selama 4 bulan, maka Anda dapat mengajukan perpanjangan masa tenor cicilan.
  • Pinjam Gadai Syariah (RAHN). Produk gadai BPKB yang kedua yaitu pinjam gadai syariah. Produk ini cocok bagi Anda yang menginginkan produk pegadaian dengan sistem syariah. Jumlah pinjaman yang ditawarkan pada produk ini yaitu antara 50 ribu hingga 200 juta rupiah. Dengan tenor peminjaman 120 bulan dan dapat mengajukan perpanjangan tenor sesuai kemampuan Anda untuk melunasi.
  • Pinjam Kreasi. Produk selanjutnya adalah pinjam kreasi yang merupakan produk gadai BPKB untuk kebutuhan modal usaha atau pengembangan usaha. Untuk produk ini, besar dana yang ditawarkan mulai dari 1 juta sampai 200 juta rupiah. Sedangkan tenor pengembalian mulai dari 12 bulan hingga 36 bulan. Sayangnya, pencarian dana untuk produk Pinjam Kreasi tidak dapat cair di hari yang sama, tetapi harus menunggu selama 3 hari di hari kerja.
  • Gadai Arum. Produk pegadaian yang terakhir yaitu Gadai Arum. Produk gadai BPKB yang satu ini menggunakan sistem syariah, dimana proses transaksinya disesuaikan dengan fatwaDSN-MUI. Jumlah dana yang ditawarkan mulai dari 1 juta hingga 2 juta rupiah. Dengan tenor pengembalian selama 12 bulan sampai 36 bulan.

Demikianlah, ulasan terkait cara tuntas gadai BPKB mobil cepat dan mudah sesuai kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *