Tips Memilih Pinjaman Online

Poin Penting dalam Melaksanakan Pinjaman berbasis Online

Pinjaman dana segar kini sudah menjamur bahkan bukan hanya tersedia secara offline tetapi juga kini bertebaran pinjaman online. Namun penting bagi Anda yang ingin menggunakan jasa pinjaman dana segar dengan seksama. Pinjaman dana ini pun jangan sampai memberatkan bagi Anda selaku debitor atau peminjam. Melalui artikel ini akan dijelaskan beberapa cara tepat bagi Anda untuk dapat memilih badan atau lembaga pinjaman dana segar yang tersedia baik secara offline maupun online. Poin penting yang harus Anda pelajari soal pinjaman dana yaitu tujuan Anda memutuskan untuk melakukan transaksi pinjaman dana kepada suatu badan atau lembaga keuangan. Tetapkan niat Anda terlebih dahulu sebelum melangkah pada proses penyampaian berkas pribadi Anda kepada suatu pihak agar Anda pun tidak dirugikan. Poin penting selanjutnya yaitu jangan mudah tergiur dengan tawaran proses cepat dalam pencairan. Proses cepat tentunya menjadi satu penawaran yang sangat menggiurkan bagi Anda yang benar – benar membutuhkan dana segar dengan proses pencairan yang tergolong cepat. Hal ini dimaksudkan agar Anda benar – benar memahami perjanjian, biaya administrasi, biaya cicilan, bunga yang dibebankan hingga jangka waktu yang diberikan oleh kreditor kepada Anda selaku debitor atau peminjam dana. Pelajari dengan seksama setiap syarat dan ketentuan dalam lembar perjanjian dan jangan mudah percaya dengan tawaran yang hanya berdasarkan pada informasi verbal saja.

Pengenal Lembaga Pinjaman Dana Secara Online

Lembaga pinjaman online yang baik menurut hemat saya, yaitu salah satu lembaga keuangan yang mampu menjabarkan perihal persyaratan baik secara jaminan hingga berkas serta mampu memberikan info suku bunga yang akan ditangguhkan kepada para debitor sehingga informasi ini bisa menjadi patokan bagi para debitor untuk bisa menghitung pendapatan, hutang yang akan dibayarkan hingga pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Lengkapnya informasi persyaratan pinjaman dari pihak kreditor menjadi salah satu tolak ukur bahwa pihak kreditor dengan seksama dan penuh perhatian memberikan kejelasan informasi bagi para debitor sehingga tidak ada pihak yang dirugikan hanya dengan informasi yang setengah – setengah. Adapun informasi berkas pribadi yang harus Anda siapkan jika melakukan transaksi kerjasama pinjaman dana segar, diantaranya yaitu pihak kreditor meminta data :

  1. Fotocopy KTP suami dan istri bagi yang sudah menikah atau meminta fotocopy KTP Anda bagi yang belum menikah.
  2. Fotocopy Kartu Keluarga terbaru sesuai dengan anggota keluarga Anda saat ini beserta dengan informasi alamat lengkap Anda saat ini.
  3. Fotocopy kartu NPWP (Wajib Pajak bagi Warga Negara)
  4. Fotocopy BPKP dan STNK bagi Anda yang melakukan transaksi pinjaman dana dengan agunan berupa kendaraan roda dua (motor) atau kendaraan roda empat (mobil).
  5. Fotocopy slip gaji (sekurang – kurangnya 3 bulan kebelakang) atau SKU (Surat Keterangan Usaha) bagi Anda yang memiliki usaha sendiri.
  6. Fotocopy PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) atau rekening listrik (sekurang – kurangnya 3 bulan terakhir) atau bisa juga bukti pembayaran kontrak rumah bagi Anda yang masih tinggal di rumah kontrakan atau kos – kosan.
  7. Fotocopy Rekening Koran atau kondisi rekening bank yang Anda miliki selama 3 bulan terakhir. Rekening koran ini bisa Anda dapatkan dengan meminta data pada customer service di bank yang Anda percayai untuk menyimpan dana Anda.

7 persyaratan berkas diatas sebisa mungkin Anda lengkapi jika Anda berniat untuk melaksanakan pinjaman online. Pastikan dengan seksama pihak kreditor yang Anda percayai meminta berkas yang lengkap tanpa meninggalkan 1 pun persyaratan berkas diatas. Mungkin Anda bertanya – tanya tentang begitu banyak dan ribetnya proses persiapan berkas bagi Anda yang ingin melakukan proses pinjaman dana segar. Namun perlu Anda ketahui, pihak kreditor yang benar akan memperhitungkan hingga detail jika ingin memberikan pinjaman dana bagi Anda. Hal itu dimaksudkan agar Anda tetap bisa bergerak bebas walaupun Anda memiliki pinjaman atau hutang dengan lembaga keuangan terkait. Adanya fotocopy berupa berkas rekening listrik, pembayaran PBB hingga rekening koran dimaksudkan agar pihak kreditor mengetahui jumlah pendapatan dan pengeluaran sehingga pihak debitor pun akan tetap memiliki keuangan yang sehat atau balance walaupun pihak debitor memiliki pinjaman ke salah satu lembaga keuangan baik offline maupun online. Dari informasi diatas, bisa kita ketahui bahwa pihak kreditor tidak hanya menguntungkan lembaganya saja tetapi memikirkan dengan hati – hati kondisi dari para pihak peminjam. Disamping itu pula, pihak kreditor pun tidak mau mengalami kerugian karena sudah mempercayakan dananya kepada salah satu pihak atau dengan kata lain kepada Anda selaku peminjam atau debitor. Maka dari itu proses persiapan berkas yang lengkap sangat menunjang bagi kelangsungan Anda dalam hal pinjaman dana.

Setelah Anda mempelajari dengan teliti perihal persyaratan berkas yang harus Anda siapkan dalam hal pinjaman online, hal lain yang perlu Anda perhatikan yaitu nilai jual dari barang yang akan Anda agunkan seperti contohnya nilai jual pada motor, mobil, rumah dan emas yang Anda miliki. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa menentukan perkiraan dana yang akan Anda dapatkan dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan dana dengan jumlah yang cukup besar maka agunan dengan jaminan BPKB motor ataupun emas dirasa bisa mencukupi barang yang akan Anda gunakan sebagai barang yang akan digunakan sebagai jaminan. Tetapi bagi Anda yang membutuhkan dana dengan jumlah yang besar maka jaminan BPKB mobil dan sertifikat rumah dirasa sangat tepat untuk dijadikan jaminan bagi pinjaman Anda. Namun tentu saja Anda harus ingat bahwa semakin besar pinjaman dan semakin lama jangka waktu yang diambil bisa memudahkan atau bisa juga memberatkan. Hal ini berhubungan dengan jumlah uang yang harus Anda sisihkan setiap bulannya untuk membayar pinjaman Anda. Maka Anda perlu memikirkan dengan matang perihal kebutuhan Anda melakukan proses pinjaman dana ke lembaga keuangan manapun.

Keamanan dalam Memilih Pinjaman Dana Berbasis Online

Kesimpulan dari informasi diatas bagi Anda yang ingin melanjutkan langkah Anda melakukan pinjaman online, yaitu :

  1. Pastikan dengan teliti lembaga keuangan yang akan Anda gunakan, cari sebanyak – banyaknya informasi terkait lembaga tersebut, cari testimoni yang berhubungan dengan lembaga tersebut.
  2. Pelajari dengan seksama penawaran yang akan diberikan oleh pihak kreditor (jangan tergoda ataupun tergiur dengan promo yang ditawarkan oleh pihak kreditor).
  3. Fokus dan bulatkan tekad Anda dengan penawaran nilai yang ingin Anda ajukan. Lakukanlah proses pinjaman dana sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jika lembaga yang Anda ikuti sudah benar – benar terpercaya dari sudut pandang Anda sebagai debitor, Anda bisa mengajukan pinjaman lagi setelah beberapa bulan berjalan proses cicilan.
  4. Teliti dengan persyaratan berkas yang diajukan pihak kreditor.
  5. Pelajari dengan baik perihal nilai agunan Anda agar Anda tidak merasa dirugikan dengan pinjaman, cicilan dan juga bunga yang akan dibebankan pada Anda.

Memiliki keuangan yang melimpah tentunya sangat menyenangkan. Akan tetapi memiliki keuangan yang sehat juga balance tentunya lebih baik jika dibandingkan dengan keuangan yang melimpah tetapi melalui proses pinjaman dan Anda pun memiliki tanggungan hutang atau pinjaman yang mencekik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat